Jadi Mahasiswa Universitas Terbuka (UT)

Waktu aku Ospek jadi Mahasiswa UT di Bali (6 Aug 2017)

Heyho semuaaa!

Senangnya diri ini hari ini 6 Agustus 2021 karena mau cerita di tanggal ini pada tahun 2017 yang lalu aku resmi jadi mahasiswa Universitas Terbuka (UT).

Tanggal ini amatlah berarti karena saat itu aku yang kuliah di salah satu kampus swasta di Bekasi harus pindah ke Bali karena masa kontrak kerja aku yang ternyata diperpanjang. Kenapa pilihnya UT?

Okay. Jadi aku pilih masuk Universitas Terbuka awalnya aku gak tau kalau ada perguruan tinggi negeri yang sistem kuliahnya lebih fleksibel dari perguruan tinggi lain, tapi kualitas mahasiswanya tetap baik. Apa buktinya? Sesuai yang aku baca-baca UT itu punya jamianan kualitas standar internasional ISO 9001 dan juga secara akademik UT juga diakui secara nasional yang punya akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kamu bisa baca Jaminan Kualitas UT disini

Karena waktu itu aku kerja, mungkin di Bali ada perguruan tinggi yang punya kelas karyawan. Tapi aku tetep pilih UT karena kadang posisi aku gak di Bali alias pindah-pindah karena hobby aku traveling, tapi ada jadwal ujian atau urus administrasi kuliah. Kalau di UT itu kita bisa pindah ujian atau numpang ujian di UT sesuai lokasi kita saat itu. O, ya sebagai info nih UT itu ada di 39 lokasi dan 1 perwakilan luar negeri loh. Jadi kita bisa numpang ujian atau urus administrasi kampus di 40 lokasi itu. Enak kan jadi anak UT! Mau liat dimana aja? Coba liat alamatnya disini

Asik! Layanan kuliah UT ada banyak

Kalau ada yang nanya enak gak sih kuliah di UT? Jawabannya sama aja. Kenapa? Aku udh ngerasain kuliah dikampus swasta sebelumnya dan sekarang di UT ya rasanya sama aja. Kuliah di UT malah kita dituntut untuk mandiri dalam segala hal. Makanya buat temen-temen yang mau masuk UT aku saranin kalau gak ada niat kuliah mending gak usah masuk UT daripada buang-buang waktu & materi. Aku sejak lulus SMK dulu emang bertekad mau kuliah asal jurusannya Ilmu Komunikasi, dimanapun kampusnya. Jadi selama anak UT ini ya aku enjoy-enjoy aja :)

Waktu tulisan ini dibuat (6 Agustus 2021), aku dalam suasana deg-degan karena besok (7 Agustus 2021) aku akan bersiap masa ujian TAP (Tugas Akhir Program). Jujur kayak gak terasa aja ternyata aku udah di masa akhir jadi mahasiswa UT. Seneng campur nervous nih!

Mau tanya-tanya? Bisa banget...

Kalau mau tanya-tanya melalui email dimenu Kotak Pos untuk respon yang lebih cepat. Selain platform itu maaf kadang jarang terbaca/respon ya. Thanks! :)

Tulisan terkait:

  1. Cara Pindah Kuliah ke Universitas Terbuka (UT)
  2. Efektif Gak Sih Cara Kuliah di Universitas Terbuka (UT)?
  3. Kuliah itu enak ga?
  4. Nge-Trip ke Puncak Bareng Temen Kampus, GENRAN!
  5. Beda Ya Capeknya Pulang Kerja & Pulang Kuliah
  6. Genran Class Bagi-Bagi Ta'jil
  7. Keseruan di Campus Citizen Journalist Edu Trip bareng Pertamina
  8. Pertemuan Nasional Relawan Komunitas Peduli ASEAN
  9. Pake Media Sosial Untuk Kepentingan Nasional Yuk!
  10. Serunya Media Campus Gathering ke-2 Bareng Liputan6.com
  11. Mahasiswa Yang Lagi Berburu Tiket Pulang Kampung
  12. Coming up, Wisuda!
  13. Upcoming Moment, Graduation!
  14. Perbedaan SIPAS & Non-SIPAS Untuk Calon Mahasiswa Universitas Terbuka (UT)

4 Comments

  1. katanya sih denger-denger masuk UT gampang tapi keluarnya yang susah, apa benar kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Bener banget! Emang masuknya gampang kok, tapi untuk lulus tentu bakal susah khusus yang gak niat kuliah & cuman ikut²an aja. Apalagi yang salah jurusan, makin tersiksa deh :)

      So, saran aku kalo yang gak niat kuliah tapi pengen punya gelar mending kuliah di Kampus biasa. Karna kalo di UT kita dituntut mandiri. Mau ngerjain tugas monggo, gak ngerjain tugas yaa monggo. Gak akan dosen nagih² tugas & marah² ke mahasiswanya. Enak kan? Hehehe :)

      Intinya, kalo mau lulusnya gampang yaa kuliah yang niat, gak ikut²an, dan pastinya harus sesuai jurusan biar berasa surga. So, far karna aku sesuai jurusan aku yaa aku enjoy² aja tuh. Waktunya aku lulus yaa lulus juga tuh :)

      Semangat yaa... ;)

      Delete
  2. dan untuk biaya apa ada biaya awal pindah juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Kalo untuk biaya awal pindah itu gak ada ya :)

      Delete
Previous Post Next Post