Efektif Gak Sih Cara Kuliah di Universitas Terbuka (UT)?

Aku udah kuliah di Universitas Terbuka (UT) sejak tahun 2017 atau angkatan registrasi di Semester 2017/2 dan aku pilih Non-sipas karena aku pindahan dari Kampus swasta sebelum masuk di UT.

Karena aku pilih Non-sipas jadinya aku bisa pilih matakuliah yang belum dipelajarin sebelumnya. Proses pindah dari Kampus lain ke Universitas Terbuka (UT) juga gak sulit kok prosesnya. Aku pernah posting juga di blog aku cara pindahnya disini.

Baca juga: Upcoming Moment, Graduation!

Lanjut... Jadi, dari tahun 2017 sampe aku bikin postingan ini (Th: 2021) aku hanya pilih Tuton untuk proses kuliah aku. Nah, makin kesini itu kadang aku ngerasa ada beberapa mata kuliah di Universitas Terbuka (UT) misalnya Statistik itu kalo cuman Tuton itu gak efektif. Loh kan ada Tutorial Tatap Muka (TTM) juga sama dosen?

Baca juga: Kuliah itu enak ga?

Emang ada TTM sama dosen Universitas Terbuka (UT). Sayangnya, untuk proses mau ambil TTM itu agak ribet karena gak semua matakuliah bisa ambil. Yang paling susah itu adalah kita harus cari temen-temen/mahasiswa lain yang mau ambil Tutorial Tatap Muka (TTM) dengan matakuliah yang sama.

Apalagi buat yang ambil Non-sipas itu terasa banget susahnya cari mahasiswa lain yang mau ambil TTM matakuliah yang sama. Soalnya nih, temen² aku yang se-Fakultas sama aku kebanyakan mereka adalah mahasiswa Sipas yang udah terjadwal TTM matakuliah mereka.

Baca juga: Cara Pindah Kuliah ke Universitas Terbuka (UT)

Jadi kadang walaupun kita sama-sama FHISIP tapi ada yang Sipas & Non-sipas otomatis 1 Semester itu bisa aja gak sama matakuliah yang dipelajari. Nah, itu yang susah untuk cari temen ikut TTM. Apalagi salah satu syarat TTM minimal ada 20 mahasiswa yang mau ikut TTM.

Karena keresahan inilah aku buat postingan ini. Harapannya adalah semoga
Universitas Terbuka (UT) bisa memperhatikan hal ini supaya proses pembelajaran/perkuliahan lebih efektif.

Saran aku untuk Universitas Terbuka (UT) kenapa gak manfaatin Microsoft 365 dari Microsoft (Kan setiap mahasiswa Universitas Terbuka (UT) dapet fasilitas Microsoft 365)

Bisa juga kelas Tuton dijadwalkan untuk wajib bikin Video Conference bareng dosen utk memaparkan kendala setiap mahasiswa (Bisa pake fasilitas Microsoft Teams) Kalo cuman baca modul mah apalagi modul tampilannya gak menarik sama sekali gak efektif untuk cara belajar jaman sekarang.

Aku liat-liat semakin kesini UT emang banyak inovasinya sih. Semoga hal-hal yang aku rasain ini ada solusinya ya di waktu mendatang.

Mau tanya-tanya? Bisa banget...

Kalau mau tanya-tanya melalui email dimenu Kotak Pos untuk respon yang lebih cepat. Selain platform itu maaf kadang jarang terbaca/respon ya. Thanks! :)

2 Comments

  1. Ini saya binggung kenapa mahasiswa non sipas gak bisa ikut kelas ttm yg sama dengan mahasiswa sipas? Hambatannya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Faisal!

      Sebenernya bisa² aja anak Non-Sipas ikut TTM, dari pengalaman aku tapi harus cari sebanyak 19 mahasiswa lain yang mau ikut juga TTM mata kuliah itu.

      Emang gak bisa TTM bareng anak Sipas? Bisa. Asalkan jadwal mata kuliah yang kita (anak Non-Sipas) ambil sama dengan anak Sipas.

      Contoh:
      • Sipas Semester 1: Gak ada mata kuliah PENGANTAR STATISTIK SOSIAL
      • Non-Sipas Semester 1: Ambil mata kuliah PENGANTAR STATISTIK SOSIAL

      Nah kalau model kayak gitu kita yang sebagai anak Non-Sipas kan harus cari mahasiswa lain yang di Semester 1 sama² belajar PENGANTAR STATISTIK SOSIAL kan, karena kalau mau bareng anak Sipas mereka di Semester 1 belum ada mata kuliah PENGANTAR STATISTIK SOSIAL.

      Delete
Previous Post Next Post