Cara Pindah Kuliah ke Universitas Terbuka (UT)



Haii... Apa kabar kawan? Mau bagi-bagi pengalaman waktu pindah kuliah dari Universitas lain ke Universitas Terbuka (UT) nih. Tenang-tenang aku jelasin step-by-step-nya ya :)

Aku mulai kuliah di Universitas Terbuka (UT) 28 Agustus 2017 (2017/2). Dan untuk pindah kuliah/alih kredit itu harus tunggu sampe Semester 2 di Universitas Terbuka (UT). Artinya, aku masuk dulu ke UT dengan ambil paket Non-Sipas, untuk Semester 1 di UT aku pilih mata kuliah yang belum dipelajari di Kampus lama. Saat masuk Semester 2 aku baru bisa ajukan alih kredit dari Kampus lama ke Universitas Terbuka (UT)

Baca juga: Perbedaan SIPAS & Non-SIPAS Untuk Calon Mahasiswa Universitas Terbuka (UT)

Persiapan sebelum Alih Kredit

Tapi, alangkah baiknya kalau sebelum masuk Universitas Terbuka (UT) untuk minta surat keterangan bahwa pernah kuliah di Universitas sebelumnya, fotocopy Sertifikat BAN-PT Universitas sebelumnya, dan Lampiran dari Universitas Terbuka (UT) kayak dibawah ini.

  1. Lampiran 18
  2. Lampiran 20
  3. Lampiran 21

Silahkan isi atau buat seperti format form diatas kalau jumlah matakuliah yang mau di alih kredit.

Misalkan...
  • Di Kampus lama aku nama mata kuliahnya Dasar-dasar Manajemen.
  • Di UT nama mata kuliahnya Asas-asas Manajemen.
Selama materinya sama, ada kemungkinan untuk lolos. Jadi jangan cuman berpatokan nama mata kuliahnya aja ya sama atau engga. Kamu harus cek materi yang dipelajari apa aja lalu jelasin di Lampiran 21.

Kalau udah selesai isi form Lampiran diatas, temen-temen bisa minta Legalisir/Tandatangan asli sama bagian terkait adminsistrasi ini dari Kampus lama. Sudah? Lalu, kalian baru bisa ngajuin kalau udah Semester 2 di Universitas Terbuka (UT).

Baca juga: Jadi Mahasiswa Universitas Terbuka (UT)

Setelah Alih Kredit, lalu apa?

Dari pengalaman aku. Waktu itu aku baru ngajuin bulan Oktober 2018, dan aku baru dapet kabar bulan July 2019. Yas! dari 10 matakuliah yang lolos di Universitas Terbuka (UT) ada 9 matakuliah. Lalu, untuk hitungan SKS-nya gimana kalo beda sama SKS di Kampus lama?

Oke, sebagai contoh aku Alih Kredit dari Kampus lama mata kuliah Bahasa Indonesia SKS-nya: 2 dan di UT: 3. Maka yang dighitung adalah SKS UT.

Teruss... Walaupun mata kuliah ini di Alih Kredit nilai kamu yang dihitung masuk IPK cuman mata kuliah yang kamu tempuh di UT, sementara di Kampus Lama gak masuk hitungan IPK kamu, tapi tenang kalo alih kredit kamu lolos ya kamu gak perlu ngulang lagi di UT.

Mau tanya-tanya? Bisa banget...

Kalau mau tanya-tanya melalui email dimenu Kotak Pos untuk respon yang lebih cepat. Selain platform itu maaf kadang jarang terbaca/respon ya. Thanks! :)


Atau kamu pengen dateng ke Kampus UT supaya lebih update sama proses pindah kuliah ini, bisa banget kok! Kampus UT ada 39 diseluruh Indonesia dan 1 kantor untuk layanan mahasiswa luar negeri, cek alamat terdekatnya disini

48 Comments

  1. Aku niat mau pindah ke ut sekarang semester 6 , maksud harus semester 2 gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ada niatan mau pindah ke UT kak, tp masih gapaham caranya. Btw aku baru semester 3

      Delete
    2. Maksud Semester 2 adalah kamu baru bisa ajukan Alih Kredit saat kamu sudah Semester di UT :)

      Delete
  2. Lampirannya trashed bang. Bisa kirim via email?

    ReplyDelete
  3. Lampirannya trashed bang, bisa kirim ke email?

    ReplyDelete
  4. Really usefull article, i hope I can use this for refrence, Thank You... serviced office jakarta selatan , pembuatan pt dan virtual office

    ReplyDelete
  5. artikel yang sangatlah bermanfaat sekali, terima kasih sudah mau sharing...

    Universitas bertaraf internasional di Indonesia , Beasiswa universitas swasta di Indonesia
    terima kasih sudah mau berbagi artikel yang bermanfaat ini.

    Kuliah bahasa inggris sebagai pengantar , Fakultas bisnis manajemen terbaik di Indonesia

    semoga website ini semakin maju dengan artikelnya yang berkualitas.

    Universitas teknik industri terbaik di Indonesia , dan Beasiswa S1 Indonesia

    Artikelnya sangat bagus dan sangat membantu saya dalam menjalani kehidupan

    Jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia , Info beasiswa S1 , dan Kuliah dengan asrama

    bagus sekali pemilihan kata dan juga artikel yang sudah Anda bikin, maju terus...

    Universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
  6. mau dong kirim via email lampirannya...
    dearysuryarama@gmail.com

    ReplyDelete
  7. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  8. Kalo aku udah kuliah di kampus lain, terus mau dobel kuliah di ut bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mohamad Nur Faizi! Apa kabar?

      Well, kalau mau dobel kuliah gitu kayaknya cukup sulit ya. Setau aku di UT kayaknya belum bisa. Untuk lebih pastinya coba ditanyakan ke hallo-ut.ut.ac.id :)

      Delete
    2. maaf sy mau tanya apakah sy bisa mwndapakan surat permohonan pindah kampus dr UT ke kampus lain

      Delete
  9. Ijin mau tanya, saya semester 4 kalo pindah ke UT bisa ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kalau saat ini kamu sudah kuliah 4 Semester di Kampus lain, dan mau pindah ke UT. Berarti kamu harus jalanin 2 Semester dulu di UT supaya bisa ajukan Alih Kredit dari Kampus lama ke UT. Pastikan syarat-syarat Alih Kredit sudah dilengkapi dari Kampus lama ya :)

      Delete
    2. Berarti artinya nggak lanjut dari kampus lama ya? ngulang dari semester awal, terus kalo udah 2 semester baru bisa lanjut, gitu?

      Delete
    3. Halo Karina...

      Yes bener kamu gak lanjut dari kampus lama dan akan ngulang dari Semester 1 di UT.

      Tapi tenang, mata kuliah yang sudah di pelajari dari kampus lama bisa di Alih Kredit ke UT kok. Jadi walaupun di UT ngulang Semester 1, potensi kelulusan kamu tetap lebih cepet kok kalo mata kuliahnya lolos Alih Kredit di UT :)

      Delete
  10. Bang aku kuliah di Univ lain baru semester 1 dan pengennya semester 2 pindah ke UT bisa ga yaa mohon dijawab makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Bisa dong... Tapi kamu baru bisa Alih Kredit mata kuliah dari kampus lama ke UT kalau kamu sudah Semester 2 di UT ya :)

      Delete
    2. Kak aku maba aku mau pindah ke ut dari univ aku sekarang,tapi belum semester 1 full dan pindah kuliah nya dengan jurusan yg sama di ut yaitu manajemen gimana ya kak

      Delete
    3. Aku maba di univ skrg,aku mau pindah ke UT dengan jurusan yg sama yaitu manajemen apakah bisa kak?

      Delete
    4. Hai Aul!

      Tentu bisa dong. Kamu tinggal ajuin Alih Kredit mata kuliah yang sama ke UT. Pastiin syarat²nya terpenuhi semua ya :)

      Delete
  11. Bang klo seandainya saya kuliah semester 1,tapi udh mau lanjut semester 2 bisa gk bang?
    Atau harus selesai dulu semester 2 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Maksudnya ini kuliah semester 2 di UT atau Kampus lain ya?

      Delete
    2. Ka kita ngajuin alih kredit ke ut dulu apa minta surat pengunduran diri dr kampus sblmnya?

      Delete
    3. Halo Norma Yunira!

      Supaya gak bolak-balik lebih baik kamu ngurus surat pengunduran diri dari kampus sebelumnya ya :)

      Delete
    4. Tapi apakah paati akan diterima di kampus ut ka?

      Delete
    5. Tapi apakah pasti akan di terima dikampus ut ka?

      Delete
    6. Halo Norma!

      Dari pengalaman aku Alih Kredit selama kampus lama terdaftar di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu diterima kok, karena UT nanti juga bakal cek di BAN-PT kampus lama terdaftar atau engga. Nah untuk mata kuliahnya diterima atau engga yg di Alih Kredit itu tergantung UT. Karena waktu aku Alih Kredit ada mata kuliah yang gak lolos Alih Kredit (Kayaknya sih materinya gak sesuai dengan di UT)

      Delete
  12. Kak sekarang saya maba semester 1 di pts, mau pindah smt 2 ke ut apa bisa? Kalau info lebih lengkap dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Luthfi!

      Tentu bisa dong! Kamu bisa ajuin Alih Kredit (mata kuliah yang sudah dipelajari) ke UT. Jadi kamu gak perlu ngulang lagi belajarnya.

      Untuk info lengkapnya kami bisa dateng ke UPBJJ-UT di lokasi kamu, Telfon ke Hallo-UT 1500024, atau akses ke www.ut.ac.id :)

      Delete
    2. berarti bisa lanjut ke semester 2 ya kak gaperlu ngulang dari semester 1?

      Delete
    3. Kalo di UT kamu tetap mulai lagi dari Semester 1. Cuman, mata kuliah yang kamu ambil tentu beda dari Semester 1 yang tanpa alih kredit. Kalau mata kuliah yang di Alih Kredit lolos semua, ada kemungkinan kamu wisuda gak sampe Semester 8 :)

      Delete
  13. Kak lampiran 21 itu ditandatangani oleh dekan dan kaprodi atau salah satu aja kak?

    ReplyDelete
  14. Kak lampiran 21 itu ditandatangi oleh dosen dan kaprodi atau salah satu dari mereka kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Bener harus ditandatangani sama bagian Administrasi kampus lama ya. Kalo aku kemaren ditandatangani di bagian BAA (Biro Administrasi Akademik) kampus lama. Jangan lupa untuk minta Sertifikat Akreditasi BAN-PT kampus lama juga ya :)

      Delete
  15. Haloo mas Kevin
    Bisa minta nmor wa nya
    Saya masih blm jelas nih baca di kolom komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk saat ini bisa hubungi melalui LINE, https://line.me/ti/p/IXdmP8o1hT atau melalui Kotak Pos, https://katakevin.blogspot.com/p/hubungi-gw.html

      Delete
  16. semester 7-8 mau pindah apa b8sa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... Bisa dong. Tinggal kamu penuhi semua syarat-syarat Alih Kredit itu ya :)

      Delete
  17. Halo kak kevin ijin tanya, kalo semester 7-8 mau pindah ke ut apakah harus mengulang atau mundur beberapa semester?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Ngulang berapa mata kuliah itu tergantung kebijakan Alih Kredit yg kamu ajukan dan tergantung juga yang diterima sama UT berapa. Semakin banyak mata kuliah yang di Alih Kredit dan diterima, ya semakin cepat kamu lulus dari UT. Semoga ngebantu :)

      Delete
  18. halo kak...dulu kak kevin saat pindah ke ke UT sudah semester berapa di kampus lama? makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Dulu aku di Kampus lama udah Semester 2. Lalu cuti 1 tahun di Kampus lama. Akhirnya mutusin untuk pindah ke UT deh setelah cuti 1 tahun itu :)

      Delete
  19. kak kevin, klo sudah terlanjur mengajukan pengunduran diri trus vakum 2 tahun gk kuliah masih bisa ikut alihkredit gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kamu harus pastikan dulu status kemahasiswaan kamu di situs PDDikti Kemdikbud. Kalau statusnya sudah gak aktif sayang sekali kamu belum bisa alih kredit dan harus ulang dari awal kuliah di UT :(

      Delete
  20. Halo, kak. Mau tanya untuk semua lampiran 18 - 21 itu diisi menggunakan tulis tangan kah?
    Lalu untuk yg lampiran 21, di lampiran tersebut kan ada diminta tanda tangan dekan, itu dekan dari kampus lama atau ut nya? Jika dari kampus lama, apa memungkinkan kita meminta tandatangan dari dekan kampus lama, sedangkan kita sudah berkuliah di ut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kalo aku kemarin itu aku ketik semuanya (gak ada yang tulis tangan, kecuali tanda tangan dan tanggal di atas tanda tangan)

      Sesuai yang aku infokan di bagian "Persiapan Sebelum Alih Kredit" memang lebih tepatnya sebelum pindah ke UT kamu sudah buat dan ajukan form Lampiran UT ini ke Kampus lama untuk minta tanda tangan Dekan/Direktur/Ketua. Jadi ketika Semester 2 di UT kamu gak perlu lagi ke Kampus lama hanya untuk minta tanda tangan :)

      Delete
Previous Post Next Post