I'm a Volunteer



Photo by http://ow.ly/EuQr306OmZU
Haaaii... Aku kali ini mau cerita tentang jadi relawan sekaligus celotehan ini aku buat dalam rangka #HariRelawanSedunia  atau  #InternationalVolunteerDay. 13 Februari 2016 untuk pertama kalinya aku gabung jadi salah satu relawan di Komunitas Peduli ASEAN (KAPAS) di Jakarta. Waktu itu untuk gabung di komunitas itu pendaftar diminta untuk buat tulisan dengan tema "Membantu Indonesia Juara di ASEAN Dengan Media Sosial"


Ini dia poster pendaftarannya :)
Selesai lengkapin persyaratannya, ternyata tulisan aku dipilih yang berarti aku keterima jadi salah satu relawan di Komunitas itu.

Sebenarnya, ga ada siapapun yang suruh aku untuk jadi relawan. Ini semua murni karena keinginan aku sendiri untuk jadi relawan. Memang, ga semua organisasi juga aku ikutin untuk jadi relawan. Aku pilih organisasi yang kegiatannya sesuai sama yang aku suka, jadi aku bisa enjoy di setiap kegiatannya.

Berikut beberapa kegiatan aku selama jadi relawan di Komunitas Peduli ASEAN (KAPAS)
  1. Pertemuan Nasional Relawan Komunitas Peduli ASEAN (Mau baca? Klik disini)
  2. Pake Media Sosial Untuk Kepentingan Nasional Yuk! (Mau baca? Klik disini)
  3. Komunitas Peduli ASEAN Ajak Masyarakat Promosi Indonesia (Mau baca? Klik disini)
One of the way to grateful :)
Okay, jadi relawan bukan berarti ga ada manfaatnya. Aku juga sempet ikut seminar dari Indo Relawan tentang manfaat jadi relawan.

Jadi relawan itu berguna banget untuk kedepannya khususnya waktu ngelamar kerja. Ga cuman aktif di organisasi kampus yang isunya cuman disekitar kampus tapi kalo jadi relawan itu bisa dibilang "Hey! I can make some impact"

Selain itu, Jadi relawan itu juga bisa bangun network, berbagi ilmu, atau cari pacar yang positif daripada ke bar. Hahahahahah... :D

Relawan itu ga peduli umur lu berapa, yang penting lu punya niat sosialnya tinggi. Ada pengalaman-pengalaman yang cuma bisa didapet kalo jadi relawan, misalkan jadi pengajar muda di Indonesia Timur dan lu bisa liat kehidupan disana, terus lu bisa kasi perubahan disana dengan cara ngajar dari ilmu yg lu punya.

Yang pasti jadi relawan itu seru apalagi lu bisa bantu sesama. Beda loh rasanya kalo kita bisa bantu orang lain dengan rasa iklash dan ga mengharap imbalan apapun. Tips dari aku kalo lu mau jadi relawan yaitu harus kemauan dari diri sendiri dan jangan ada sedikit paksaan dari orang lain, terus lu juga harus suka sama kegiatan dari organisasi yang mau lu ikutin itu. Kalo semua udah sesuai sama yang lu suka, lu bakal enjoy dari setiap kegiatan itu. Misalkan, salah satu kegiatannya lu harus maen lumpur, kalo lu suka, itu ga bakal jadi masalah besar sih.

So, diakhir celotehan aku ini. Lakuin hal kebaikan apapun yang bisa lu kasi untuk sekitar lu. Jangan terlalu mengharap imbalan dari setiap kebaikan yang sudah lu kasi. Tapi percayalah, kalo Tuhan sudah catat dan bakal kasi balasan lebih dari kebaikan yang sudah lu kasi ke orang lain. Cheers!


Post a Comment

Previous Post Next Post