Kesadaran Dalam Memakai Subsidi Pemerintah

Ilustrasi bantuan (Photo by here)
Subsidi, ya kata itu sering kita dengar kalau Pemerintah kita lagi sibuk kelola dana subsidi biar lebih tepat sasaran atau untuk yang benar-benar butuh bantuan itu. Sebenarnya apasih arti subsidi? Menurut laman disiniSubsidi artinya suatu bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan ke suatu bisnis atau sektor ekonomi. Sebagian subsidi dikasih dari pemerintah pada produsen atau distributor dalam suatu industri untuk mencegah kejatuhan industri itu sendiri.


Nah, kadang masih banyak orang yang gak sadar kalau sebenarnya dia gak perlu pakai subsidi itu, karena memang keadaan ekonomi orang tersebut sudah lebih dari cukup. Subsidi memang jauh lebih murah, bahkan kadang orang juga "lupa" kalau mereka yang kaya gak peduli kalau status ekonomi mereka digolongkan sebagai yang tidak mampu/miskin kalau pakai subsidi itu.
Spanduk ajakan untuk gak pakai BBM Subsidi bagi yang mampu (Photo by here)
Sebagai contoh BBM bersubsidi yang sering kita lihat di SPBU. Masih banyak kan mobil-mobil mewah yang gak malu beli BBM Subsidi yang seharusnya untuk masyarakat kurang mampu.

Salah satu cara untuk "memaksa" masyarakat beralih ke BBM Non-subsidi yaitu menghapus BBM subsidi di beberapa SPBU biar masyarakat pindah ke BBM non-subsidi. Tapi masih aja ada orang yang "cinta" sekali sama BBM bersubsidi, kalau di SPBU itu ada BBM bersubsidi mereka lebih pilih BBM bersubsidi daripada BBM Non-subsidi padahal ia tergolong orang mampu. Hmm...

Lewat Pokok-pokok kebijakan APBN 2017, pemerintah juga berharap untuk subsidi lebih tepat sasaran:
Dalam sektor energi:
  1. Untuk lanjutin subsidi BBM jenis solar
  2. Distribusi tertutup/targeted untuk Subsidi LPG 3 Kg
  3. Rumah Tangga (RTS) untuk Subsidi Listrik yang pakai basis data terpadu (PBDT 2015)
Ada juga non-energi yaitu memperbaiki ketepatan sasaran.

Subsidi ini salah satu bentuk kebijakan dari pemerintah kita untuk ngurangi angka kemiskinan loh. Sekarang, kalau yang kaya masih gak malu pakai dana subsidi pemerintah, berarti masih belum tepat sasaran kan. Hal ini butuh kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk peduli terhadap orang yang lebih membutuhkan bantuan subsidi itu dan sedikit punya rasa malu kalau mau pakai subsidi pemerintah.
Karena masalah ekonomi banyak masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni (Photo by here)

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Indonesia pada bulan Maret 2016 aja sampai 10,86% setara 28,01 juta orang miskin di Indonesia, banyak banget kan!

Siapa tau kalau makin banyak yang kebantu dari subsidi pemerintah, angka kemiskinan itu makin turun. Terus, kalau angka kemiskinan sudah benar-benar dibawah target pemerintah. Subsidi bisa dialihkan ke hal-hal yang bisa buat negara ini makin maju. Kalo Indonesia jadi negara maju, yang enak sudah pasti kita semua warga Indonesia kan.

Karena segala macam kebijakan yang dibuat pemerintah gak akan berhasil kalau masyarakatnya maunya di gendong terus dan gak mau belajar jalan sendiri. So, mulai sekarang kita cek keadaan ekonomi kita, kita berhak gak pakai dana subsidi pemerintah?

Setidaknya, kalau satu orang sadar gak pakai subsidi pemerintah, kita sudah bantu pemerintah untuk kasih dana subsidi itu ke masyarakat kurang mampu. Ayo sama-sama kita bantu sukseskan usaha pemerintah ini, dengan sadar siapa yang memang berhak dapat bantuan subsidi pemerintah. Cheers!

Post a Comment

Previous Post Next Post