Interview Kerja Bikin Galau

Hae gaes... Gimana kabarnya? Hmm... Di celotehan aku kali ini pengen curhat tentang Interview Kerja yang kadang bikin galau nih... :(

Semoga kalian gak ikutan galau abis baca ini, tapi buat para perusahaan yang suka rekrut karyawan baru, dengan segala kerendahan hati, tolong dibaca sampe abis ya pak/bu :)

Oke, tentunya untuk para job seekers pasti suka sedih kalau bingung cari kerja, apalagi yang baru lulus masa pendidikannya. Ngirim CV & Surat Lamaran sana-sini (Ehh... Bukan buat ngelamar anak orang loh ini :D ) tapi gak ada panggilan dari perusahaan yang kita lamar (Eiittss... Sebelumnya kamu pastiin ngelamar di perusahaan itu, jangan sampe kamu gak ngelamar diperusahaan itu ehh ngarep dapet panggilan interview lagi :D) Lanjuttt...

Ngirim jutaan lamaran kerja, ehh kebanyakan sampe jutaan. Ngirim puluhan lamaran terus tiba-tiba ada panggilan interview. Aku tau pasti senengnya bukan kepalang tuh! Bersyukurnya pasti luar biasa (Padahal belom tentu diterima juga :D)

Dapet panggilan interview proses dari lamaran itu pasti seneng banget, tapi pernah gak sih kalian ngebayangin kalo misalkan kalian ngelamar kerja beda kota atau beda provinsi, bahkan beda negara terus dapet panggilan interview? Apa yang bakal kalian lakuin? Apaaaaaaaaaaaaa?????

Apalagi yang paling sedih itu, kalo tiba-tiba dapet panggilan interview beda lokasi yang harus beli tiket untuk bisa dateng ke lokasi interview dan disaat itupula keadaan brangkas ekonomi alias dompet lagi gak memadai untuk beli tiket. DISITULAH GALAUNYA SODARAH!!!! :( :( :(

Hal kayak gini kira-kira udah 3x aku rasain. Dapet panggilan untuk interview yang waktunya cuman beda 1 hari atau cuman beberapa hari dari undangan interview. Pasti sedihnya luar biasa. Mungkin kalo jeda waktunya 1 bulan kita masih bisa nabung untuk beli tiket. Tapi ini kurang dari 7 hari malah. Padahal kerjaan yang dilamar itu bidang yang aku pelajari selama ini. Jadi kebayanglah sedih dan galaunya gimana?! ;(

Dijaman yang udah bisa buat manusia berdiri di bulan atau planet mars kayak gini, kadang-kadang aku masih heran aja kalo ada perusahaan yang ngewajibin karyawan itu untuk dateng ke lokasi interview. Apalagi perusahaan itu tau kalo si pelamar itu beda lokasi. Yaa kalo perusahaan bilangnya "Kalo ngelamar kerja harus mau berkorban dong", oke sih aku setuju. Tapi harusnya perusahaan juga berfikir gimana kalo si pelamar itu punya kondisi yang pas-pasan, buat makan aja susah apalagi harus beli tiket untuk interview, terlebih belom tentu juga interview itu diterima. :(

Jaman yang bisa bikin "Om Telolet Om" mendunia, masa interview gak bisa dilakuin lewat telfon atau video call? Mungkin kalo tahapan interview yang kedua, ketiga, atau keseratus harus dateng ke lokasi sih bukan jadi masalah. Tapi ini interview awal/tahap pertama harusnya bisa dilakuin lewat telfon atau video call. Harapan aku sih gitu untuk Bapak atau Ibu pimpinan perusahaan yang sekarang lagi baca celotehan aku ini.

Mungkin kalo semua perusahaan di Indonesia bisa nerapin interview lewat video call atau telfon, siapa tau cara ini bisa bantu pemerintah untuk kurangin angka pengangguran di Indonesia yang jumlahnya per bulan Februari 2017 kurang lebih 7 juta orang! (Sumber dari sini)

Coba bayangin 7 juta orang nganggur di Indonesia! Jadi, ngebayangin kalo jumlah followers di Instagram aku sampe 7 juta orang, waahhh aku bisa dapet banyak endorse tuh :D

Ya udah lah... Sekian curhatan aku kali ini. Eh, kalo yang suka nonton Youtube sekarang aku ada juga di Youtube! Coba deh maen, klik link disini  yes! :)



2 Comments

  1. Replies
    1. Cara terbaik yaa cuman tingkatkan skill ya. Supaya bisa "jual diri" waktu interview :)

      Delete
Previous Post Next Post