Kuliah sambil Kerja? Bisa Kok!

Hari ini 6 September 2022 ada kak @isall97 yang komen di postingan aku di bawah ini,

"Apa tipsnya bisa semangat kuliah dan kerja?"

Itu inti pertanyaan kak @isall97 mungkin juga orang lain yang punya pertanyaan serupa. Aku tau kalau kuliah sambil kerja itu gak semua orang bisa jalani secara barengan, dengan segala alasan yang ada. Tapi bukan berarti gak bisa, tentu bisa!

Sebagai orang yang udah ngerasain perjuangan kuliah dan kerja barengan aku tau betapa sulitnya ini, terutama mengatasi rasa mager dan capeknya. Dari pengalaman orang-orang di sekitarku juga ada yang kuliahnya terpaksa berhenti padahal sudah sampai tahap penyelesaian skripsi dan memilih untuk kerja.


Tips utama dari aku soal biar semangat kuliah dan kerja ini adalah:
  1. Sebelum kamu memutuskan berkuliah dan bekerja secara barengan pastikan kamu tau niat kamu apa?
    • Contoh biar bisa punya gelar akademik lebih tinggi.
    • Contoh biar bisa untuk menunjang karir kamu.
    • Atau contoh niat lainnya. Tanyakan sama diri kamu ya!
  2. Pilih jurusan yang sesuai minat kamu. Jangan pernah mengikuti saran atau rekomendasi orang lain kalau jurusan itu gak sesuai sama minat kamu. Percaya gak percaya aku punya banyak sekali contoh dari orang-orang di sekitar aku yang kuliahnya gagal/berhenti hanya karena salah jurusan atau mengikuti apa yang diminta orang tuanya. Kalau kamu gak tau minat kamu di mana, kamu harus cari sampai kamu ketemu daripada kamu salah jurusan dan malah buang-buang uang + waktu kalau ujungnya kamu gagal/berhenti kuliah.
  3. Dengarkan support system kamu. Kalau gak ada support system di sekitar kamu, kamu harus percaya kalau gak cuman kamu sendiri yang lagi struggle sama kuliah dan kerja kamu. Ada banyak orang kok. Kamu bisa juga cari apa hal yang bikin kamu semangat lagi (Kalo aku dulu waktu lagi down/burn out rasanya mau putus asa, aku pergi traveling yang jauh kalo gak bisa traveling aku baca berita. Lalu semangat lagi deh! Ya pokoknya lakukan hal yang kamu suka)
Kamu harus selalu yakin sama diri sendiri dan selalu janji untuk bisa tuntaskan kuliah kamu walau sambil kerja, tapi kan berat? Memang! Ini bagian dari resiko buat kita yang mau kuliah sambil kerja dan gak semua orang bisa jalanin keduanya dengan segala drama di sana.

Percaya deh, kalau kamu bisa tuntaskan kuliah & kerja kamu akan tau betapa kamu itu super powerful yang kadang bisa aja gak terpikirkan loh. Sampai detik ini aja aku suka gak percaya aku bisa jalanin kuliah dan kerja barengan.


Intinya... Selama kamu punya niat & sesuai jurusan kuliahnya, semua pasti bisa kamu lewati kok. Inget, pemandangan di atas gunung itu indah, tapi kita harus mendaki dulu untuk bisa sampai puncak kan? Kamu mungkin capek sekarang, waktu kamu terkuras habis harus kuliah dan kerja, tapi harus percaya pemandangan di atas sana pasti bakal indah. Kalaupun di puncak gunung berkabut, tapi gak selamanya berkabutkan? Yang pasti ada waktunya kamu bisa menikmati keindahan di puncak nanti.

Semangat ya buat kamu yang baca ini, salam!
—Kv

1 Comments

Previous Post Next Post