[ Indonesia Go Pertamina ] Semangat Anak Pedalaman Indonesia Untuk Sekolah

Semangatnya itu loh! Salut... (Photo by http://ow.ly/AjKz303dDPK)
Pejuang cilik pantang menyerah, demi sampai ke sekolah.
Menyebrangi derasnya sungai, dan berangkat tanpa alas kaki.
Belajar tekun dari sebuah kelas, untuk memburu cita-cita tanpa batas.
Melirik sejenak dunia pendidikan, Inilah pejuang-pejuang ilmu dari pedalaman.
                        - Kevin Demsi -


Udah lama aku pengen banget nulis tentang ini. Dan baru dapet waktu yang pas kali ini. Hehehehe...

Okay... Ini sebenernya selalu nyentuh hati aku, aku sering liat berita tentang anak-anak desa atau pedalaman Indonesia yang harus jalan berkilometer atau nyebrangin sungai diatas jembatan (Akurasa kalau ada angin besar bakal putus) atau harus sekolah tanpa sepatu dan gedung sekolah yang beratap seng (Aku rasa itu kalau ujan deres bakal berisik, dan ganggu konsentrasi siswa yang belajar) yaa pokoknya banyak rintangan yang harus dihadapin sama anak-anak yang harus berjuang biar bisa sekolah.

Diumur mereka yang harusnya punya akses ke sekolah yang nyaman untuk cari ilmu, tapi faktanya mereka harus dihadapin sama kenyataan yang berbanding terbalik. Kadang udah jalan jauh ke sekolah, tapi infrastruktur pendidikan mereka juga ga mendukung kayak yang ada di kota.
Ini demi ke sekolah same kayak gini. Aku terharu banget! (Photo by http://ow.ly/PGhj303dqYe)
Aku selalu bersyukur sama keadaan aku yang sekarang bisa kuliah di Akademi Komunikasi Globalmedia, Jakarta. Percaya atau engga, kadang kalau aku males kuliah dan buat bangkitin untuk semangat kuliah, aku langsung nyari foto-foto atau inget-inget berita tentang perjuangan anak pedalaman Indonesia lewatin berbagai rintangan demi berangkat ke sekolah.
Kelas kayak gitu, mereka tetep sekolah (Photo by http://ow.ly/OCVM303dDDF)
Mereka bener-bener anak Indonesia yang ga pernah capek jalanin tugasnya sebagai pelajar. Aku pernah baca artikel berita tentang anak yang dari SD sampai lulus SMA ga pernah pake sepatu unuk berangkat sekolah, dan itu bikin aku terharu banget. Coba deh bayangin 12 tahun tanpa sepatu dan mereka tetap mau ke sekolah. Sementara banyak anak di Kota yang bolos atau males sekolah.

Apalagi, kalau kita cuman punya tugas untuk sekolah aja. Jadi pulang sekolah kita ga perlu kerja untuk cari uang, betapa enaknya dan harus disyukuri banget kan. Banyak orang disekitar aku yang ga sadar dari itu. Mereka males untuk sekolah ditambah bikin orang tuanya pusing mikirin tingkah laku anaknya yang selalu bikin orang tua kecewa. Memang kalau masih sekolah atau kuliah belom ngerasain efek dari bangun pagi, ngerjain PR, presentasi, pulang sore, bosen dengerin guru jelasin, upacara, dll. Efeknya itu nanti, nanti waktu sudah masuk dunia kerja, kalau ternyata pendidikan itu sangatlah penting.

Aku juga pernah baca artikel anak tukang becak yang bisa kuliah keluar negeri. Padahal pekerjaan orang tuanya itu cuman jadi tukang becak. Sejak aku baca artikel itu aku yakin, apapaun latar belakang kita kalau kita semangat untuk terus belajar pasti ada aja jalannya.
Anak tukang becak yang bisa kuliah ke Inggris. (Photo by http://ow.ly/ymP6303dtlV)
Emang aku belum pernah ketemu sama mereka semua, tapi paling engga mereka udah jadi inspirasi buat aku untuk selalu semangat kuliah dan selesein pendidikan aku. Karena aku percaya kalau dari pendidikan dan tingkah laku yang positif bisa ngerubah nasib kita jadi lebih baik lagi.

Jangan pernah lelah untuk sekolah. Kejar cita-cita kalian di masa depan :)

*) Artikel ini aku buat sekaligus untuk ikut "Kompetisi Jurnalis Warga: INDONESIA GO Bersama PERTAMINA" di Liputan6.com. Temuin juga artikel ini di Forum Liputan6.com disini.

==============================

Artikel ini menjadi salah satu pemenang dari "Kompetisi Jurnalis Warga #INDONESIAGOPERTAMINA" (Info klik disini) ~ Terima Kasih Pertamina & Liputan6.com :)

Post a Comment

Previous Post Next Post