Anak Muda Harus Peduli Masa Depannya




Banyak anak muda yang dimasa mudanya sibuk bermain, nongkrong, atau pacaran tapi ada juga anak muda yang dimasa mudanya sibuk menyiapkan masa tuanya. Nah, kali ini aku mau cerita tentang anak muda yang sibuk ngatur masa depannya.

Oke, emang bener dalam hidup selalu ada pilihan, termasuk saat muda mau sibuk main atau sibuk ngatur untuk jaminan hari tua atau masa depannya. Emang sih kalo kita pilih untuk sibuk atur masa tua berarti kita udah nge-relain sebagian waktu kita untuk kerja keras demi masa depan kita.

Kita kerja mau jadi karyawan perusahaan atau wiraswasta tetap sama tujuannya, yaitu harus pintar manage segala sesuatu untuk masa depan kita. Kalo yang jadi karyawan perusahaan jangan lupa juga untuk atur jaminan pensiun nanti ya. Biasanya perusahaan akan otomatis daftarkan kita untuk ikut jaminan pensiun kalo kita jadi karyawannya

Fokus untuk masa depan gak cuman sekedar kerja tanpa ngatur finansial dan jaminan di hari tua aja loh. Maksud aku, kalo kita di masa muda udah kerja berarti kita juga harus ngatur segala sesuatu untuk masa depan kita juga kan. Jangan sampe kita kerja tapi gak ngatur gaya hidup kita untuk masa depan kita. Contohnya, jangan tergoda kalo liat yang barang diskon yang sebenarnya barang itu gak penting untuk kita. Boleh sih sekali-sekali tergoda, tapi yang penting jangan habiskan atau foya-foya semua hasil kerja kita dimasa muda tapi kita juga harus pintar atur mana yang harus diproritaskan dimasa yang akan datang nanti.

Kalo kita dimasa muda sibuk kerja keras, bukan berarti kita gak ada waktu untuk main sama temen-temen loh. Kayak aku, sekarang aku jadi salah satu staff perusahaan swasta dan mahasiswa juga, ya walaupun umur aku masih 20 tahun sih. Tapi aku sadar kalo masa depan diri aku sepenuhnya aku yang harus atur dan aku harus peduli untuk itu.

Aktifitas aku selain kerja dan kuliah, aku masih bisa kok untuk buat karya contohnya nge-blog ini dan nongkrong bareng temen-temen. Kerja keras dimasa muda bagi aku itu penting banget, Karena dari situlah aku bisa nentuin masa depan aku nantinya. Aku gak mau nyesel disaat tua nanti aku baru sadar kalo aku udah sia-siain masa muda aku untuk hal-hal yang gak ada manfaatnya. Sebenernya aku banyak belajar dari orang-orang disekitar aku juga, karena mereka banyak yang nyesel masa muda mereka habis sama hal yang gak jelas. Hehehehehe…

Emang untuk atur masa depan kita harus dengan kerja? Bagi aku masa depan bisa dipersiapkan lewat 3 hal ini yang harus seimbang dalam ngejalaninnya:
  1. Doa
  2. Kerja atau Usaha (boleh wiraswasta / jadi karyawan perusahaan)
  3. Pendidikan.

Kalo orang tua kita sanggup untuk kasi pendidikan setinggi-tingginya jangan pernah lewatin kesempatan itu, selama menempuh pendidikan kita bisa kok sambil kerja atau wiraswasta.

Tapi jangan berkecil hati juga untuk temen-temen yang orang tuanya gak sanggup untuk kasi pendidikan setinggi-tingginya. Ada banyak cara untuk dapet pendidikan yang layak bagi kalian yang orang tuanya punya kemampuan finansial terbatas, salah satunya program beasiswa yang sudah banyak dikasi oleh lembaga-lembaga diluar sana atau pemerintah kita. Yang penting harus ada usaha untuk kejar beasiswa itu ya.

Tapi percayalah, kalo dari masa muda kita udah terbiasa untuk kerja keras dan gak manja. Saat tua nanti kita bakal panen hasil dari semua usaha dan pengorbanan selama masa muda kita. Pokoknya tetap fokus dan konsisten dari tujuan awal kita ya. Cheers!

Post a Comment

Previous Post Next Post