Kevin "Go Public"

Photo by http://ow.ly/105PhH


Halooo...apa kabar temen-teman yang mau baca celotehan aku ini???

Well, hari ini 29 Maret 2016 tepatnya hari Selasa, menurut aku adalah salah satu hari yang agak susah kalo mau dilupain. Kenapa toh?

Jadi, hari ini aku udah agak bisa untuk "Go Public" sama keadaan aku sebagai anak dari orang tua yang pisah (anak broken home).

Disini aku mau bagi cerita ke temen-temen semua kalo anak broken home ga selalu identik sama hal yang negatif (pergaulan bebas, mabuk, narkoba, dll).
Awalnya sih aku ga mau cerita ke orang lain/temen aku kalo aku itu anak broken home, karena aku mikir itu adalah aib yang seharusnya ga perlu diceritain ke semua orang. Tapi, hari ini (29 Maret 2016) melalui mata kuliah Seni Peran di kampus (Akademi Komunikasi Globalmedia, Jakarta) pikiran aku kayak dibuka kalo diluar sana banyak anak broken home yang bisa nginspirasi orang laen dengan masalah keluarga mereka masing-masing.

Mata kuliah Seni Peran hari ini kita mahasiswanya diwajibin pake celana training. Tadinya aku mikir agak aneh, kok kuliah disuruh pake celana training. Padahal dimata kuliah yang laen kita bebas-bebas aja mau pake celana apa asal sopan loh yaa... :)

Terus, habis ganti celana training, kita masuk ke kelas yang semua bangkunya udah dipinggirin, jadi kita semua duduk di lantai. Dosen kita Pak Zainal terus kasi instruksi ke kita untuk maju satu persatu ceritain tentang diri kita didepan kelas, tapi sebelumnya kita disuruh untuk duduk yang rileks, santai dan tenang sambil penjamkan mata untuk nyiapin apa yang bakal kita omongin didepan kelas waktu maju nanti.

Kebetulan aku duduk di baris belakang, alhasil aku maju kedepan agak terakhir-terakhir. Nah, waktu temen-temen yang duduk baris depan maju dan ceritain kehidupan mereka disaat itulah aku banyak keinspirasi sama mereka. Tapi ga semua temen-temen yang maju orang tuanya pisah loh. 

Salah satu temen yang sangat nginspirasiin aku yaitu, ehh aku pake inisial aja yaa... :)
Ada AR, AG, AP, dan RH. Cerita mereka ber-4 lah yang buka pikiran dan kasi inspirasi aku.

Jadi, ada yang cerita:


  • Udah lama ga ketemu orang tuanya (akupernah ngerasain ini)
  • Sedih kalo setiap ambil rapot waktu sekolah dulu selalu neneknya bukan kedua orang tuanya (aku pernah kayak gini, bedanya yang ambil rapot aku selalu mama aku dan ga pernah lengkap (papa & mama) yang ngambil rapot dari SMP sampe lulus SMK. Bahkan wisuda aku waktu SMP/SMK pun yang dateng cuman mama aku. Padahal momen wisuda SMP/SMK aku itu 1 x seumur hidup aku. Waktu itu sih aku udah mohon banget ke papa aku untuk dateng ke acara wisuda aku, tapi dia alasan sibuk kerja. Yaa... aku sih ga bisa ngomong apa-apa lagi. Kalo ditanya gimana perasaanya, jawaban aku cuman satu,sedih :( )
  • Kesel sama orang tuanya karna ada orang ke-3 (aku pernah ngerasain gini tapi ada bedanya kalo versi aku)
  • Atau harus nerima kenyataan salah satu orang tuanya ada yang nikah lagi (Nahh... ini apalagi aku juga udah ngerasain. Daann ini yang paling ga enak menurut aku :( )
Jujur ya, aku kagum sama mereka karena mereka berani ceritain keadaan orang tua mereka didepan kelas (menurut aku itu ga gampang loh cerita beragam masalah tentang orang tua mereka di depan banyak orang) dan ga nyangka kalo aku punya temen yang bisa survive dengan keadaan keluarga mereka. 
----------

Naaah... waktu giliran aku maju udah deket, aku mulai agak gugup, gugupnya itu aku mikir "masa iya aku harus cerita keadaan keluarga aku, wong selama ini aja aku cerita ke 1 temen aja masih belom yakin, masa iya aku malah cerita didepan kelas yang notabene didenger sama 1 kelas"

Okaayy... Akhirnya semua temen pada sorak-sorak maksa aku untuk maju, daaan aku pun maju....
Kurang lebih yang aku omongin gini.....

" Assalamu'alaikum, Selamat siang semua. Nama saya Kevin Bentanio Alfri Demsi. Saya anak pertama dari 3 bersaudara yang semuanya cowo. Papa saya saat ini bekerja di salah satu Hotel di Indonesia dengan menjabat sebagai Senior GM HRD dan Mama saya sebagai Ibu Rumah Tangga, tapi dia di Malang saat ini"

Terus pak dosen aku nyeletuk "Sebentar, mama kamu di Malang dan papa kamu disini. Apa mereka pisah?"

Waktu dosen aku ngomong gitu aku sempet diem bingung mau jawab apa. Karena aku kan tadinya ga berani ngomong tentang keluarga aku yang sebenernya gimana.

Dengan berusaha tetep senyum aku jawab "Hmm... Iya"

Dan tiba-tiba aku ngerasa kelas itu kayak hening and yang tadinya temen-temen pada ngobrol sendiri, ga perhatiin aku maju terus langsung ngeliat aku... Nah loh?!

Terus aku lanjutin ceritanya "Iya orang tua saya pisah dari umur saya 12 tahun dan dari SD sampai saya lulus SMK saya tinggal dengan mama saya di Malang. Tapi meskipun saya adalah anak dari keluarga broken home saya tetep punya mimpi, salah satunya adalah saya pengen punya Yayasan untuk anak-anak yang keluarganya broken home. Saya pernah di bully kalo anak broken home itu pasti pergaulannya tidak baik. Alhamdulillah sejak mama papa saya pisah saya dididik dan disupport secara mental oleh mama saya & keluarga mama saya dengan adat Jawanya. Saya bersyukur sekali dengan support mereka secara psikologis/mental sehingga saya tidak pernah terfikir untuk berbuat hal yang negatif dalam bergaul. Saya juga punya teman yang orang tua mereka berpisah lalu pergaulannya yang tidak dikontrol. Disini saya mau nunjukin ke semua orang (apalagi sama orang yang liat anak broken home itu selalu buruk & orang-orang yang pernah bully saya) bahwa TIDAK semua anak broken home itu selalu melakukan hal negatif seperti, pergaulan bebas, narkoba, mabuk, dll. Tapi saya sebagai anak broken home mau nunjukin bahwa meskipun keluarga saya broken home saya juga bisa sukses bahkan lebih baik dari anak-anak yang orang tuanya baik-baik saja"

Itu kata-kata yang paling aku inget, waktu aku omongin didepan kelas hari ini.

Yahh... akhirnya aku cerita deh tentang keadaan keluarga aku gimana, tadinya aku kira aku bakal nyesel sama apa yang udah aku omongin. Tapi, justru aku ngerasa kayak ada beban yang lepas dari diri aku. Alhamdulillah... :)
----------

Jadi, dari celotehan aku yang panjang banget diatas, aku cuman mau sampein ke temen-temen pembaca semua, kalo anak broken home itu juga punya mimpi atau cita-cita dan TIDAK semua anak broken home itu pergaulannya bebas (narkoba, mabuk, seks bebas, dll). 

Aku jadi anak broken home ga minta dikasianin kok, tapi aku pengen jangan setiap anak broken home itu dipandang sebelah mata. Liat anak broken home dari sisi yang positif, karena ga semua anak broken home itu negatif.

Dan, aku juga pernah denger kalo "anak broken home" dipake bahan becandaan. Misalkan ngomong "Ehh, bapak lu jarang pulang kerumah ya? Kayak bang toyib aja. Hahahahah". Menurut aku becandaan apapun bentuknya bawa-bawa "anak broken home" itu SAMA SEKALI GA BIJAK DAN GA LUCU kalo pun ada yang ketawa dari becandaan itu menurut aku orang itu sama sekali ga bisa ngehargain perasaan orang laen. Kalo aku sih ga respect sama orang yang becandanya kelewatan kayak gitu.

Emang sih, orang kalo ga pernah ngerasain orang tuanya pisah, kadang suka ngomong seenaknya. Agak susah jelasinnya kalo emang ga ngerasain langsung, tapi paling engga kamu ngertiin perasaan anak yang broken home. Itu aja udah cukup kok :)

----------

Aku punya banyak mimpi dalam hidup aku, yang harus aku buat jadi nyata. Salah satunya mimpi aku itu pengen punya Yayasan untuk anak-anak, pengennya sih untuk anak-anak dari broken home juga. Aku juga pengen banget interview Lady Gaga (agak ekstrem ya, ahh gapapa mumpung mimpi masih gratis :D). Yaaahh... Pokoknya banyak lah mimpi aku, kalo dijabarin makin banyak celotehannya. Hhehee... :D

O, ya aku juga punya moto hidup yang selalu aku pegang yaitu,

"Terus sebarkan semangat pikiran positif untuk orang-orang disekitar kita"

Itu adalah salah satu moto hidup yang aku ga pernah lupa... :)

----------

Well, ya udah mungkin itu dulu yang bisa aku share ke temen-temen pembaca, semoga ada manfaatnya yaa.... :)

Makasih udah sempetin waktunya untuk baca artikel aku ini, maafin kalo ada kata-kata aku yang ga enak ya. Tunggu celotehan aku lainnya yaps! :D


Salam,
Kevin Demsi


Post a Comment

Previous Post Next Post