To Be Employee

Photo by here
Haiii… Pernah ga sih kalian ngerasa seneng banget karena salah satu mimpi dan keinginan kamu tercapai? Yaps… Itu yang mau aku ceritain di postingan kali ini.


Berawal dari keinginan aku untuk bantu orang tua aku untuk meringankan beban mereka, disitulah aku kepikiran untuk kerja atau jadi seorang karyawan. Waktu itu aku lagi liburan semester di Bali & Lombok selama 1 minggu. Tiba-tiba tgl 3 September 2016 ada lowongan kerja dengan posisi sebagai Customer Service di DFS Bali (Duty Free Shop). Aku sih gak terlalu berharap untuk keterima di perusahaan yang ownernya Dato’ Sri Prof.Dr. Tahir, MBA ini. Karena aku juga banyak info kalau agak susah keterima jadi Staff di perusahaan ini..

Setelah kirim lamaran, ternyata posisi sebagai Customer Service sudah diisi oleh orang lain. Tapi ada tawaran lowongan kerja lain di Departemen Back Office bagian Shipping (Tugasnya ngurus dokumen-dokumen barang yang masuk dan keluar di DFS). Aku dikasih pilihan mau coba diambil atau engga? Waktu itu aku ditelfon sama bagian HRDnya dan ga sampe 1 jam aku telfon lagi bagian HRD untuk ambil posisi di Shipping itu. Dan ternyata tgl 5 September 2016 jam 09.00 WITA aku diminta datang ke DFS Office Bali untuk interview. Aku jalanin semua prosesnya dari isi Job Appliaction Form yang pake full bahasa inggris, interview sama manager HRD DFS Bali, dan terakhir interview sama manager Shipping yang sebagian pake bahasa inggris.


Ini pengalaman yang ga bakal aku lupain seumur hidup aku. Karena ini untuk pertama kalinya aku ikut proses interview kerja.

Kurang lebih aku ikut semua proses interview itu 3 jam jadi jam 15.07 WITA aku dikabarin kalau aku keterima!!! Jujur, aku waktu denger kabar aku keterima kerja itu aku ga langsung seneng. Karena bingung antara harus seneng (Keterima kerja) dan sedih juga (Karena harus ninggalin kuliah yang jurusannya sudah aku pengen dari SMP).
Photo byhttp://ow.ly/JG7v305bLJR
Aku baru bisa seneng waktu habis telfon sodara aku di Malang. Aku nanya sama dia “Bude, Kevin harus seneng apa sedih ya keterima kerja?” dan dia ga pake lama jawab “Yaa harus senenglah” sejak itu aku baru 90 % seneng keterima kerja, tadinya masih bingung harus seneng atau sedih. Kok ga 100% senengnya? Iya soalnya waktu itu aku ga langsung kasi tau papa aku di Jakarta kalau aku keterima kerja. Aku agak takut kasi tau dia, karena tentu aku bakal ninggalin dia untuk kerja di Bali. Yaa intinya ga tega liat dia sedih karena aku ninggalin dia. Hmm…

Abis denger kabar aku keterima kerja di DFS Bali Galleria, grup keluarga aku langsung full sama ucapan-ucapan buat aku. Hahahahaha… :D

Dan selanjutnya aku punya waktu 12 hari untuk persiapin semua keperluan aku untuk kerja di Bali termasuk ngurus cuti di kampus dan kasi tau semua sodara di Jakarta aku keterima kerja di Bali. Karena tgl 19 September 2016 aku sudah mulai masuk kerja.


Just do the best...

Tanggal 12 September 2016 aku sampe di Jakarta. Selanjutnya aku super bingung setengah mati gimana cara ngomong ke papa aku kalo aku ketrima kerja. Aku begitu sampe bener-bener bingung mau ngapain. Akhirnya aku pergi kerumah sodara aku di Bogor untuk minta saran ke dia gimana kata-kata yang enak ngomong ke papa aku tanpa bikin dia sedih sedikitpun. Selama perjalanan ke Bogor naik KRL aku ajak temen aku sambil ngobrol dan minta saran juga ke dia.

Sampe di Bogor aku di kasi saran yang banyak banget, (FYI: Rumah sodara aku yang di Bogor ini adalah rumah tempat aku hilangin kejenuhan aku selama tinggal dan kuliah di Jakarta). Heehehehe… :D

Sodara ku di Bogor kasi saran hari itu juga (12 September 2016) aku kasi tau papa aku, supaya aku bisa cepet berangkat ke Bali. Pulang dari Bogor, sebenernya aku udah fix mau kasi tau papa aku. Pas sampe depan rumah dan liat papa aku, tiba-tiba langsung ragu mau kasi tau dia malam itu. (Takut bikin dia sedih semaleman  ).

Malam itu aku gajadi ngomong ke papa aku. Dan aku ga bisa tidur semaleman gara-gara mikirin gimana cara ngomong ke papa aku!

Tgl 13 September 2016 pagi aku bangun sebelum subuh, dan cuman tidur beberapa jam aja. Aku masih mikir gimana caranya ngomong ke papa aku. Sampe akhirnya dia berangkat kerja. Akhirnya aku putusin untuk ngomong di kantornya di daerah Fatmawati. (Aku berangkat dari Bekasi ke Fatmawati. Jauh coy!)

Sampe di kantornya sekitar jam 09.37 WIB dan aku nunggu sampe jam 10 lebih karena papa aku masih meeting. Dan aku ceritainlah aku keterima kerja… (Aku ngomong berusaha dengan ekspresi ceria dan ga nunjukin aku sebenrnya juga sedih. Hmmm…)

Abis ngomong sama papa aku, ditemuinlah solusi kalo aku mending ambil cuti di kampus dan saat itu juga  aku menuju kampus untuk urus cuti. Selama perjalanan dari Famawati ke Cakung akhirnya pecah juga tangisan seorang anak yang harus ninggalin papanya. Untung aku sendirian dijalan jadi ga ada yang tau muka aku nangis (Tapi kalo orang yang dijalan liat aku nangis pasti tau lahh…Hehehehe)

Aku ngurus cuti di kampus sampe tanggal 14 September 2016 siang. Dan sorenya aku berangkat ke Malang dan terus lanjut ke Bali di tanggal 16 Septembernya. What an unforgettable journey!


Post a Comment

Previous Post Next Post