Mahasiswa Yang Lagi Berburu Tiket Pulang Kampung

Photo by http://ow.ly/10dcJQ
Yuuuhhhuuu... Ketemu lagi di celotehan aku! Apa kabro??? :D

Aku mau bahas tentang pengalaman pertama aku booking tiket mudik naek kereta untuk keberangkatan bulan Juni 2016 nanti. Hah? Berangkat bulan Juni udah booking tiket dari bulan April? Mau tau gimana ceritanya? Yuuuutt... Lanjut baca ;)


Okehh... Tradisi Mudik atau Pulang Kampung ala orang Indonesia bakal dimulai dalam beberapa bulan lagi tepatnya waktu musim Lebaran nanti. Yaps! Semua orang yang ga bisa naek kendaraan pribadi buat pulang kamung mulai rame-rame berburu tiket dari jauh-jauh hari supaya ga kehabisan. Termasuk aku yang pertama kali berburu tiket kereta untuk pulang ke kampung halaman aku di Kota Malang yang berangkat dari Jakarta. :)

Jadi udah lebih dari 5 tahun aku ga pernah bermacet-macet ria atau berburu tiket untuk mudik, karena aku dulu-dulu Lebarannya udah di kampung halaman yaitu di Kota Malang yang adem itu. Nahh... berhubung sekarang udah jadi mahasiswa rantau di Ibukota, mau ga mau aku harus "sedikit usaha" kalo mau tetep ngerayain Lebaran di Malang.

Kali ini aku berburu tiket kereta dari Jakarta ke Malang. PT KAI tentunya udah buka penjualan tiket dari 90 hari sebelum keberangkatan coy, keren juga ya! :D

Meskipun 3 bulan sebelum keberangkatan, ternyata antusias pengguna Kereta Api Indonesia banyak juga loh. Bahkan sampe situs itu ga bisa diakses! Liat gambar dibawah ini waktu aku nyoba booking untuk keberangkatan 1 Juli 2016 (Waktu itu aku akses tanggal 2 April 2016 jam 00.01 WIB)
Situs Kereta Api Indonesia ga bisa dibuka tanggal 2 April 2016 jam 00.01 WIB
Yaakk itu baru awal dari kebingungan aku, masih banyak kejadian yang bikin aku was-was takut ga dapet tiket mudik nanti. Lanjuuutt yaahh...

Selanjutnya aku refresh terus situs booking tiket itu sampeeee bikin aku dongkol sendiri. -___-
Karena tau ini bakal ga gampang, aku buka dah semua situs-situs penjualan tiket kereta, kayak gambar dibawah ini
Situs Tokopedia loading terus tapi ga kebuka-buka bahkan kadang error! -___-
Abis buka situs Tokopedia yang muter-muter aja tapi ga muncul daftar tiket, aku pindah ke situs laennya, yaitu tiket.com. Terus berhasil deh aku buka situsnya! Tapi apa yang terjadi selanjutnya..... (Liat gambaaaaarrr :o )

Udah berhasil masuk! Tapiiiii.... Tiket udah PENUH semua!!! Waaaaa... Makin panik aku!
Begitu tau udah penuh, makin panik dong aku. Aku sampe mikir "ini gasalah liat masa dalem waktu kurang dari 15 menit tiket segitu banyak udah ludes!!! Kayak ga masuk akal aja"

Ga keabisan akal, aku pindah ke aplikasi android booking tiket resmi dari PT KAI, namanya KAI Access, tampilannya gini



Nahh, begitu masuk ke booking tiket and ngisi jadwal keberangkatan, dateng lagi masalah baru, yaitu muter-muter


Loading teruuuusss tapi ga muncul-muncul -___-
Aku sampe heran, apa ada masalah di jaringan internet aku. Wong aku streaming youtube lancar jaya kok. Tapi, ini kenapa loading terus... -___-

Begitunya loading selese, ehhhh malah ga ada daftar tiketnya. Jadi kosong melompong gitu -___-

Aaaaaakkk.... udah panik nambah panik!!!! -_____-

Aku masih gamau nyerah, aku lapor ke Twitter resmi PT KAI tentang masalah aku ini. Daaaaann direspon sama tim CSnya isinya begini
Respon yang aku dapet di akun Twitter resmi PT KAI

Wuuuusss... Aku makin dag dig dug der dor! Aku udah hampir nyerah gitu aja, tapi masih terus usaha. Kali ini aku nyoba ke aplikasi android punyanya tiket.com, namanya Tiket Kereta Api (Bisa dicari di Google Play)  tampilan awalnya gini

Begitu abis ngisi jadwal keberangkatan (Kayak tampilan digambar) aku klik "Cari" masih terus dateng masalah muter-muternya -____-

Loading lagi Loading lagi -_____-

Masihh teruuuuss muter-muter gitu. Aku makin panik and beneran hampir putus asa! Aku masih penasaran...

Aku akalin ke tanggal sebelum-sebelumnya. Pertama mundur 1 hari (Tanggal 30 Juni 2016) ehh penuh juga. Mundur lagi (Tanggal 29 Juni 2016) masih penuh, terus mundur lagi (Tanggal 28 Juni 2016) eh ADA!!!!! Waaaa iya ADA!!!!! Langsung kayak jurus ala-ala naruto seribu bayangan. Aku klik!!! Aaakkk... Senengg...
Aku berhasil dapet tiket! Yay...

Tapi ternyata kebahagiaan aku cuman sampe situ. Masalah baru dateng lagi... Kali ini aku mau bayar tapi dibikin ribet (Liat gambar dah -____-)

Metode Pembayarannya Gabisa dipake! -_______-

Okeeeehhh.... Begitu tau aku mau bayar tapi ga bisa, itu tuh kayak di PHP (Pemberi Harapan Palsu) diwaktu yang ga pas! -_____-
Coba deh kamu bayangin, sistem pembayaran tiket KAI itu dibatesin 1 jam, kalo dalam waktu 1 jam kita ga bayar otomatis akan hangus and tiket yang susah-susah kita cari dipake orang laen.


Saking keselnya, langsung aku hubungin Custeomer Service Tiket.com lewat Live Chat..

Bentuk dari Live Chat aku sama Customer Service Tiket.com

Aku tumpahin kekeselan aku disana. Aku mau bayar, Ehh... metode yang ada cuma Kartu Kredit & Internet Banking, sementara aku ga punya kedua metode itu. Aku cuman bisa lewat Bank Transfer ato ATM (Tapi mereka non-aktifin metode ini alesannya karena gangguan ato aktif cuma dijam kerja)

Coba kamu bayangin deh, metode Bank Transfer itu cuman aktif di jam kerja (9 pagi - 5 sore) lah sementara ini jam 1 tengah malem, dan kita para pembeli dibebanin waktu 1 jam untuk bayar kalo ga cepet bayar tiket hangus, aduuh! -_-

Mau lewat ATM tapi mas CS'nya bilang lagi ada gangguan. Nah... solusinya apa toh kalo gini. Aku cuman bisa 2 metode itu. Terus CS cuman bilang Mohon Maaf doang, tanpa kasi solusi. -___-

-------

Kira-kira semangat aku tinggal 10%, udah hampir putus asa deh aku waktu itu. Mau pulang ke Malang cobaanya gini banget ya. Udah susah buka situs (selalu muter-muter/Loading terus) giliran udah dapet tiket, ehh mau bayarnya yang ga bisa. Cobaan banget kan :( :( :(

Karna masih ada sisa semangat, aku balik lagi ke situs resmi PT KAI itu. Sebenernya paling enak itu booking di situs resminya PT KAI langsung, karena mereka juga punya banyak pilihan untuk bayar (Bank Transfer, Kartu Kredit, Internet Banking, ato lewat ATM) dan sejauh ini aku belom pernah nemuin metode pembayaran yang dinon-aktifin.

Aku coba sama kayak di aplikasi Tiket.com itu, aku mundur 1 hari dari mulai tanggal 30 Juni sampe 28 Juni. 

Daaaaaaaannn..... Allah masih kasi aku kesempatan buat pulang!!!!

Di tanggal 28 Juni aku berhasil nemuin sisa 1 kursi iyaaaa 1 kursi (Sayang ga aku screenshoot, saking senengnya jadi ga sempet screenshoot) langsung aku buru-buru klik, karena aku sadar diwaktu yang sama ada jutaan orang yang ngerebutin kursi itu termasuk aku! Aku klik bagian tiket yang masih ada itu sampe suara mouse aku kayak lagi maen game online Power Blank (PB) Lol!!!!! =D

Yuuuhhuuuu.... Alhamdulillah akhirnya aku berhasil masuk ke sistem pembayarannya, bentuknya liat gambar dibawah ini deh

Aku berhasil masuk. Yaaayy!!!!

Hooorrreeeeee... Aku berhasil masuk tinggal konfirmasi pembayaran nih! Ga pake lama aku langsung bayar itu tiket lewat Mobile Banking aku, tampilannya gini

Aku bayar tiket itu lewat Mobile Banking

Aku ga berhenti ngucapin syukur sama Allah. Allah itu baik banget, disisa semangat aku, dia udahin cobaannya ke aku:)

Seneng sekaleeeee.... Yay! Aku udah fix bakal pulang ke Malang!!! :) :) :)
Asal lu tau coy, waktu itu aku berhasil setelah usaha kurang lebih 2 jam lebih lah.

Begitu udah lega, aku stalking deh Twitter resmi PT KAI (Cieee.. orang biasanya stalking Twitter mantan, kalo aku stalking Twitter PT KAI  :D ), and ternyata yang ngalamin gitu ga aku aja, salah satunya ada ini



Bedanya mba itu lewat Call Center PT KAI, 121. Aku dulu pernah baca juga di salah satu blog. Kalo booking tiket lewat Call Center itu kita harus stay terus deket telfonnya, karena telfon kita ga bakal langsung diterima sama CS, tapi masuk daftar tunggu. Jadi kalo kamu mau lewat Call Center mending lewat Telfon rumah deh, coz kalo lewat HP waaahh pulsa kamu nanti udah kayak air ngalir dah.... Hehehhe

Nah... dibawah ini beberapa keluhan calon-calon penumpang yang ngalamin kejadian sama kayak aku...






Aku sempet ga bisa tidur saking lega and senengnya udah dapet tiket, setelah berjuang bareng ribuan orang laennya berburu tiket buat mudik 2016 tengah malem waktu itu :)

-------

Besoknya (tanggal 2 April 2016) pagi-pagi, dengan semangat and perasaan gembira kayak anak kecil yang dapet maenan baru aku langsung cepet-cepat cetak tiket di Stasiun Jatinegara. Tampangnya giini coyy....


Yay! I got it =D

Yess... Dari celotehan yang panjang binggo diatas, aku sih intinya mau bilang, emang ga ada yang bisa khianatin usaha. :)

Maaakasssiii yoo yang udah baca segitu panjangnya, maaf kalo ada salah-salah kata dari yang aku tulis. O, ya kalo mau kasi kritik and saran boleh banget loh bisa langsung komen atau kirim ke aku lewat kanal "Kotak Pos".

Sampeee ketemu akhir bulan Juni nanti! Ga sabar ketemu orang-orang yang mudik nanti. Yeah! :) :) :)


Salam,
Kevin Demsi

Udah bookingnya susah, ehh Hampir Ditinggal Kereta Api ke Malang :(

Post a Comment

Previous Post Next Post