Jadi Anak Kos? Asikin Aja...

Anyway, ini Kos pertama aku! Jadi anak kos? Siapa takut... :)
● Semua dilakukan sendiri, sambil belajar menghargai.
● Walaupun hidup bebas, tapi jangan sampai kelewat batas.
● Meski kadang suka bosen, nikmati aja setiap momen.
● Karena ini sebuah pengalaman, yang bakal susah dilupakan.
Jadi anak kos? Asikin aja… Yesss… Kok asik? Yeaahh… Di celotehan aku yang kali ini aku mau cerita jadi anak kos. Lanjut? Monggo mariii…. :)

Hari ini pas 1 bulan sudah aku ngerasain jadi anak kos. Menurut aku anak kos itu Multitalent atau punya banyak ide, kenapa gitu? Ya… Sejak aku jadi anak kos di Bali (19 September 2016) aku ngerasain banget gimana seorang anak kos harus bisa ngurus semua keperluan dan kebersihan kamar yang ukurannya gak gede-gede banget sih. Mulai dari bayar listrik, nyapu, bersihin kamar mandi, rapihin tempat tidur, makan, nyuci piring sendiri, ngatur keuangan sendiri, sampe kalo sakit aja kita harus urus sendiri (Kecuali kalo udah parah baru di bantu dokter :D).

Aku ga pernah ngerasa jadi anak kos itu beban yang amat ngeri sih. Dan aku juga bersyukur sejak SD (Tinggal sama orang tua) aku udah dibiasain ngurus yang kecil-kecil (Ex: Nyuci piring, Nyuci Baju, Nyapu, Tuang galon air, Bersihin kamar mandi, dll) dan tentu aku juga bersyukur ga di manja sama orang tua aku. So, waktu aku jadi anak kos ga kaget-kaget banget lah.


O, ya karna kamar kos aku waktu itu belom ada TV. Tentu aku ga keabisan akal biar tetep dapet informasi dan hiburan selain dari gadget aku. Radio! Yaa… Itulah sumber keramaian di kamar kos aku waktu itu. Meskipun menurut aku orang jaman sekarang agak jarang dengerin radio. Walaupun keliatannya kayak orang jaman dulu yang masih dengerin Radio. Tapi itulah sumber dari segala keramaian di kamar kos aku. Kalo mau terus-terusan berselancar di internet, yang ada kuota internet belom sebulan udah abis. Jadi solusi lainnya adalah ya dengerin Radio tanpa takut kuota internet abis tapi masih bisa dapat hiburan dan informasi. :D

Belajar Menghargai

Bayar Listrik. Selama aku nge-kos di Bali, tentu aku juga harus bayar listrik di kos aku sendiri. Nah… Disini aku ngerasain banget bayar listrik sendiri (Maklum kan sekarang udah jadi orang kantor). Waktu tinggal sama orang tua aku, biasanya “Bodo Amat” sama urusan listrik. Jadi kadang aku ga matiin lampu, ga cabut charger yang abis dipake, ngebiarin TV nyala padahal ga ditonton. Tapi sejak aku ngerasain bayar listrik sendiri, sekarang biarpun cuman se-menit ga dipake, lampu kamar mandi pasti mati. Dan sekarang kalo abis charging gadget aku langsung aku cabut. Pokoknya sekarang mah ga iklash kalo buang-buang listrik yang ga dipake.

Baju yang abis di cuci langsung dirapihin biar ga kusut. Biasanya nih kalo aku tinggal sama orang tua aku setiap abis ambil baju di lemari kadang males beresin lagi. Tapi sejak aku jadi anak kos disini, kalo ambil baju serasa gendong bayi yang baru lahir! Hatiii-Hatiiii banget…. Takut kusut. Kalo kusut harus setrika yang otomatis makan listrik lagi. Hemat dan pelit itu beda tipis sih. Hahahahahahah :D

Kebersihan Kamar kos. Kalo kita males untuk bersih-bersih kamar, tentu kita sendiri yang ngerasain kalo ga nyaman. Kadang walaupun males atau capek, aku tetep harus bersih-bersih kamar sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Karena ga ada lagi yang bisa diandalin untuk bersihin kamar kos selain diri sendiri. Yakali nyuruh ibu kos yang bersihin kamar kosnya, ga mungkin kannn. -_-

Sebenernya menurut aku jadi anak kos itu ga se-ngeri yang dibayangin kok. Aku anggep ini semua jadi bagian dari petualangan hidup yang bakal susah untuk dilupain. Kalo kamu jadi anak kos pasti kamu akan punya cerita seru antara diri kamu dan kamar kos kamu.

Kayak aku yang pernah kaget sendiri kirain ada orang di dalam kamar kos aku, ehh ternyata itu baju yang aku gantung abis disetrika. Terus pernah “maen petak umpet” sama tikus, karena aku ga mau ada tikus berkeliaran disekitar kamar kos aku, jadi udah kayak perang dingin sama tikus. Selain itu dalam hal masak, kadang juga masak pake penanak nasi. Hahahahaha… Pokoknya banyaklah cerita konyolnya.

Yang pasti jadi anak kos itu kita bertanggung jawab untuk diri sendiri. Jangan sampe salah pergaulan supaya kita gak nge-cewain orang-orang yang udah banyak berkorban buat kita.

Nah, itu sebagian kecil dari cerita aku jadi anak kos di Bali. Ada yang punya pengalaman seru jadi anak kos? Bisa tulis di kolom komentar atau kirim di kanal Kotak Pos ya. Cheers!


2 Comments

  1. Waaah...hebat banget. Walau kos dg fasilitas yg minim tpi tetap dinikmati & dihadapi dg positif thinking jdi tetap Happy yaa....
    Bravo Kevin....Sukses utkmoe....

    ReplyDelete
Previous Post Next Post