Ngurus Sendiri Pajak Kendaraan di Kantor Samsat

Gedung Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur

Yuuuhhuuu... Aku mau bagi-bagi cerita hari ini Aku bayar pajak tahunan motor di kantor Samsat Jakarta Timur.

Ternyata gampang loh kalo ngurus sendiri... Walopun tadi sempet salah pas di Drive Thru. Yuuuukkkss lanjut bacanya :)

Yess... Jadi hari ini (5 April 2016) aku disuru papa aku untuk bayar pajak tahunan motor di kantor Samsat Jakarta Timur.

Abis selese kuliah di Kampus J5, Cakung sekitar jam setengah 12, aku langsung meluncur ke Kebon Nanas untuk bayar pajak tahunan motor. Tapi, karna udah masuk waktu Dzuhur aku sholat dulu, lagian kantornya juga lagi Isitrahat dari jam 12 sampe jam 1 siang.

Udah selese sholat, aku langsung lanjutin jalan ke Jalan D.I Panjaitan (Kantor Samsat Jakarta Timur)

Aku sampe di Kantor Samsatnya jam 12.43 (Aku liat di handphone aku) aku langsung menuju bagian Drive Thru


Arah Drive Thru Samsat Jakarta Timur
Begitu sampe di Drive thrunya, ternyata loketnya belom buka (Iyalah wong masih jam 1 kurang) oke lah kalo gitu. Aku nunggu sama ada 9 motor yg lagi antri juga di depan aku.


Antrian di Drive Thru karena loket masih tutup (Jam isitrahat)
Jam 1 akhirnya udah dibuka loketnya, dan semua yang antri udah mulai maju pelan-pelan
Begitu udah deket loketnya, aku langsung diliatin ada papan syarat-syarat bayar di Drive Thru.


Syarat-syarat ngurus Pajak di Drive Thru Samsat Jakarta Timur
Trus aku kasi berkas-berkas yang aku bawa (BPKB Asli, STNK Asli, and KTP Atas Nama STNK) ke bapak-bapak di bagian Pendaftaran. Daaann apa yang terjadi....

Bapaknya: Mas, ini KTP bukan atas nama masnya ya? Boleh liat KTP sampean?

Aku: Dalem hati ngomong "Wihh kok orang ini tau sampean?" *Trus aku kasi deh KTP aku*

Bapaknya: Mohon maaf di Drive thru tidak bisa diwakilkan, kalo pun di wakilkan harus KTP dengan alamat yang sama (1 rumah). Silahkan mas masuk kedalam untuk bayar pajaknya.

Aku: *Ohh meenn... Udah nunggu lumayan, malah gabisa*


*) Sampean (Bahasa Jawa) = Anda/Kamu

--------

Trus aku balik ke Parkiran motor. Dan aku masuk kedalem. Disambut sama bapak-bapak. Lalu aku ke bagian Informasi untuk ambil formulir

Bagian Informasi dan Ambil Formulir
Abis ngasi datanya, aku tempelin semua berkasnya (BPKB Fotocopy, STNK Fotocopy & Asli, KTP atas nama kendaraan Fotocopy & Asli, dan formulirnya tadi) lalu aku serahin deh ke Loket 1.


Loket 1
Abis dari Loket 1 kan di cek tuh sama bapak polisinya kelengkapan berkasnya, lalu aku dikasi nomor antrian

Antrian aku... :D
Okehh... Aku nunggu sampe dipanggil

Abis dipanggil "675" aku langsung menuju loket 2. Terus, dikasi struk & KTP atas nama kendaraan yang asli, aku langsung menuju loket 3 untuk bayar pajak totalnya.

Terus nanti struk yang dikasi dari loket 2 di stempel "Lunas" sama petugas di loket 3.

Surat Setoran Pajak yang Diserahin ke Loket 3
Okeh step selanjutnya, aku nunggu lagi dipanggil dari Loket 5 (Disini STNKnya yang asli dikasi deh)


------


Sejauh ini, aku belom nemuin masalah yang berat sih. So, gampang kok kalo mau ngurus sendiri daripada pake Calo. Ga ribet juga yang penting syarat-syaratnya sesuai :)

Nah untuk jam operasional serta alamat kantor Samsat Jakarta Timur itu ada di:

  • Senin - Jumat (Jam 8 pagi sampe jam 3 sore)
  • Sabtu (Jam 8 pagi 11 siang)


Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur, Jl. D.I. Panjaitan Kav. 55, Jatinegara, Jakarta Timur 13410

Telp (021) 8199849-52, 8199854

-------

Wookkeehh... Jadi itu cerita pengalaman pertama aku bayar pajak motor langsung ke kantornya. Semoga ada manfaatnya yaa... :)

Makasii udah nyempetin baca. Kalo mau kasi kritik & saran boleh. Langsung hubungi aku di kanal "Kotak Pos" ato lewat komen juga bisa :)



Salam,
Kevin Demsi



Post a Comment

Previous Post Next Post