Kehilangan File Karena Pake Akun Google Workspace

Halo! Apa kabar semua?

Jadi aku mau share pengalaman aku yang habis kehilangan data karena menyimpan file di Google Drive dengan akun Google Workspace.

Pengenalan.

Sebelumnya aku jelasin sedikit apa itu Google Workspace ini ya. Jadi Google Workspace ini adalah akun organisasi yang dimana ada admin utama sebagai pengelolanya. Tentunya akun Google Workspace ini adalah akun berbayar, jadi beda sama akun personal biasa ya. Nah, Google Workspace ada beberapa kategori seperti:

  1. Google Workspace for Business
  2. Google Workspace for Education
  3. Google Workspace for Nonprofits
  4. Google Workspace fot Individual*
  5. Google Workspace for Essentials
  6. Google Workspace for Enterprise
*Negara tertentu yang bisa pakai.

Jadi, Google Workspace ini tergantung kegunaanya dan organisasinya apa. Berhubung aku pake akun Google Workspace sekolah jadi masuk kategori Google Workspace for Education.

Aku menyimpan data di Google Workspace ini udah lama, karena sebelumnya itu aku dapat info kalau akun sekolah ini storagenya unlimited. Karena tergoda itulah akhirnya aku memutuskan untuk menyimpan semua file-file penting aku di akun Google Workspace dimana total filenya samapai 311 GB!

Kejadian itu tiba!

Tanggal 7 Juni 2022 jam 21:29 WIB aku cek tiba-tiba file itu gak ada di akun Google Workspace! Panik sejadi-jadinya!

Karena kejadian itu malam, aku sampai overthinking ngebayangin gimana kalau file-file penting itu beneran hilang. Hmm...

Besok paginya, dari pagi aku cari-cari info soal Google Workspace ini. aku tanya di Twitter dia sarankan untuk hubungi Admin. Belum putus asa...

Aku coba lagi cari-cari di Youtube harus lewat Admin kalau mau manage storage. Belum putus asa juga aku nekat akhirnya beli Google One untuk tambah storage akun personal aku supaya bisa nanya-nanya ke Google One support, hasilnya liat dibawah ini:
Capture chat aku sama Google One support

Setelah beneran ngomong sama pihak Google, dan dia saranin sama harus hubungi Admin dan masuk ke link ini untuk proses restore data. Dan restore ada itu cuman bisa dilakuin Admin kalau filenya gak lebih dari 25 hari sejak dihapus. Wih makin panik dong!

Setelah berjuang, cari-cari info Admin sekolah aku akhirnya aku bisa kontak sama Admin sekolah yang pegang akun Google Workspace itu. Maklum karena aku udah lulus dari sekolah takutnya udah ganti orang yang handle Google Workspace ini.

Setelah proses, akhirnya Admin sekolah baru berhasil restore data tanggal 13 Juni 2022. Karena filenya dihapus masih belum 25 hari jadi semua file aku kembali normal. Langsung aku pindah semua file-file itu ke akun Google personal aku yang udah register Google One itu deh.

Updated: July 02, 2022

Aku baru aja selesai pindahin semua data dari Google Workspace ke akun personal aku. Dari yang tadinya total file di Google Workspace 311 GB aku berhasil kurangin jadi 280 GB. Aku bakal terus kurangin file-file ini sampe efisien (ternyata pas aku cek banyak file dobel loh. Huhu...)

Sebagai informasi juga nih, kamu bisa buat akun Google tanpa pake Gmail loh! Kenapa gitu? Ya, karena dengan kamu pake Gmail artinya semua email yang ada di Gmail kamu juga akan pakai penyimpanan di Google Drive kamu.

Nah, untuk meminimalisir penggunaan Google Drive supaya semakin efisien akhirnya akun Google aku pake email dari platform lain. Jadi sekarang Google Drive aku bener-bener isinya file bukan campur sama email.

Jujur nih, sejak aku kehilangan file ini aku belajar dan tanya banyak hal soal layanan Google di Google Support karena ada pertanyaan aku juga gak ada di Google Help. Kerennya lagi layanan Google Support itu ditangani sama manusia bukan robot! Kamu juga bisa tanya-tanya dalam Bahasa Indonesia disana.

Conclusion.

Sebagai info tambahan nih dari Admin sekolah, kalau sekarang akun Google Workspace for Education itu sudah gak lagi unlimited storage-nya. Jadi, kalau siswa/mahasiswa sudah lulus cepat atau lambat akan dihapus.

Daripada kamu pindahin file berkali-kali, mending dari awal kamu simpannya di akun personal ya. Sayang kan kalau file penting hilang. Apalagi kalau ada momen-momen di file itu yang gak bisa diulang lagi.

Salam :)

Post a Comment

Previous Post Next Post