Gampangnya Bikin Passport Baru!

Ini dia, Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Bali. :)
Haaiii… Ketemu lagi nih sama celotehan aku. Nah di celotehan aku kali ini aku mau share ke kalian tentang waktu aku urus passport kemaren. Eh… ini ngurusnya sendiri tanpa calo dan sesuai prosedur yang ada loh.

Nih, aku kasi tau ya kalo kalian mau bikin passport baru itu syaratnya cuman:
  1. KK (Asli & Foto copy dikertas A4)
  2. Ijasah atau Akte Lahir (Asli & Foto copy dikertas A4)
  3. e-KTP (Asli & Foto copy dikertas A4 jangan dipotong)
  4. Materai 6000 (2 biji)
  5. Kalo kamu Mahasiswa kayak aku, sangat amat dianjurkan bawa kartu Mahasiswa dan di Fotocopy di kertas A4 yes!
Udah punya syarat-syarat pembuatannya? Yaudah tinggal dateng ke Kantor Imigrasi lah… :D

Aku waktu itu dateng ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Denpasar, Bali. O, ya buat kalian jangan takut kalo e-KTP kalian beda sama lokasi pembuatan passport, karena itu gak ngaruh dan tetep bisa buat passport kok.

Karena aku bikinnya di Bali, jadi aku berfikir pasti bakal banyak orang yang ngantri dan mau urus passport. Ehhh… ternyata bener…


Nihh yang antri... Padahal belom dibagiin nomer antrian loh :o
Aku jadi berangkat dari kos aku jam 6 pagi, sampe di kantor Imigrasi Kelas 1 Denpasar sekitar jam 6.30 pagi. Itu aja udah lumayan banyak kan yang antri. Sekitar jam 7 pagi, petugas mulai kasi nomor antrian dan aku dapet nomor antrian 52

Jam 6 pagi aja dapet nomor antrian 52. :o
Selama nunggu sampe dipanggil nomor antrian, kita bisa ngisi formulir yang kita ambil dari petugas.



Nah, sekitar jam 8 pagi udah mulai deh dipanggil untuk verifikasi berkas kita sebelum akhirnya nanti masuk proses foto dan interview.
Nihhh... Waktu proses verifikasi berkas. :)
Nah, kalo kalian dapet nomor antrian awal-awal otomatis kalian bakal semakin cepet untuk foto dan interview. Yaiyalah yaa… :D

Aku baru dipanggil interview sekitar jam 10, itu karena aku dapet nomor antrian 52. Langsung deh menuju ruang Foto, nanti selama proses foto kalian bakal diambil biometrik alias sidik jari gitu, terus diinterview juga. Kalo interview aku kemaren sih ditanyain:
  1. Nama lengkapnya siapa
  2. Lahir dimana?
  3. Tanggal lahirnya berapa?
  4. Tujuannya kemana?
  5. Berapa lama dinegara itu?
  6. Kegiatannya apa sekarang?
  7. Orang tua tinggal dimana?
  8. Kerjaan orang tua ngapain?
Dan terakhir kalian bakal dikasi surat pernyataan kalo Passport kalian itu cuman bisa untuk liburan. Passport gak bisa dipake untuk kerja/training. Kalo ketauan melanggar siap-siap didenda bisa sampe Rp. 500 juta!

Selesai tanda tangan kalian nanti bakal dapet bukti untuk bayar passport, nah bukti itu disimpen untuk pengambilan passport, passport akan jadi dalam 3 hari kerja.

Ini diaaaaa form untuk bayar passport + ambil passportdalam waktu 3 hari kerja! :)
Pembayaran passport nanti kalian bisa lewat:
  1. Kantor Pos
  2. Bank BNI
  3. Bank Mandiri
  4. Bank BPD
Kalo aku saranin sih mending lewat Kantor Pos sih. Karena aku kemaren bayarnya ke Kantor Pos dan ngantrinya gak panjang. Kalo kalian mau bayar lewat Mobile/Internet Banking itu juga bisa, tapi nanti diprint lagi ya bukti pembayarannya ya.

Kalo udah punya bukti pembayaran, ya udah deh tinggal tunggu kapan selesainya passport kalian. INGET! Bukti pembayaran dan form ambil passport jangan sampe ilang loh. Kalo ilang, siyap-siyap dibuat pening. Gampang khaaaaannnnnnn.... :)

Post a Comment

Previous Post Next Post